2012 - we were warned (2009)

2012 posterDirector : Roland Emmerich
Writer : Roland Emmerich & Harald Klose
Genre : Action, Drama, Sci-fi, Thriller 
Awards : - 
Cast : John Cusack (Jackson Curtis), Amanda Peet (Kate Curtis), Chiwetel Ejiofor (Adrian Helmsley), Thandie Newton (Laura Wilson)

Pada tahun 2009, Adrian, seorang ahli geologi Amerika Helmsley pergi ke India untuk bertemu temannya Satnam, yang menemukan neutrino matahari secara besar-besaran
yang telah menembus bumi dan menyebabkan suhu inti meningkat dengan drastis. Adrian kembali ke Washington DC untuk menginformasikan Gedung Putih Kepala Staf Carl Anheuser dan Presiden AS Thomas Wilson bahwa hal ini akan memicu peristiwa akhir dunia. Pada pertemuan puncak ke-36 G8 tahun 2010, kepala negara dan kepala pemerintahan lain disadarkan akan situasi ini. Mereka kemudian bekerja sama untuk memulai sebuah proyek rahasia yang dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup manusia, 400.000 orang terpilih untuk masuk pada semacam bahtera  raksasa yang akan dibangun di pegunungan Himalaya. Untuk membantu mendanai usaha, individu-individu tambahan diperbolehkan untuk membeli tiket seharga satu milliar euro per orang.
Memasuki tahun 2012, gempa kecil sudah mulai terjadi dan menyebabkan retakan kecil di permukaan bumi. Jackson Curtis adalah seorang penulis di Los Angeles yang bekerja paruh waktu sebagai sopir limusin untuk miliarder Rusia Yuri Karpov. Mantan istri Jackson, Kate dan anak-anaknya, Noah dan Lily hidup dengan kekasih baru ibu mereka, seorang ahli bedah plastik dan pilot amatir, Gordon. Jackson mengambil Noah dan Lily di berkemah perjalanan ke Taman Nasional Yellowstone, di mana mereka menemukan tempat berkemah yang biasa dipagari pemerintah sementara ilmuwan, termasuk Adrian (sekarang Gedung Putih penasihat ilmu pengetahuan), memantau situasi. Sementara di Yellowstone, Jackson bertemu Charlie Frost, pembawa acara radio dan teori konspirasi. Charlie mendukung teori bangsa Maya yang meramalkan dunia akan berakhir pada tahun 2012, dan ia mengklaim memiliki pengetahuan tentang sebuah proyek bahtera disertai lokasinya.
Sementara itu, keluarga Jackson pulang ke rumah, dengan retakan sepanjang Patahan San Andreas di California dan gempa bumi di Pantai San Francisco. Jackson kemudian menyewa pesawat pribadi untuk menyelamatkan keluarganya. Ia mengumpulkan keluarganya dan Gordon ketika perpindahan kerak bumi dimulai dan mereka berhasil melarikan diri ketika Los Angeles ambruk ke Samudra Pasifik.
Jutaan apokaliptik mulai sekarat karena gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia, sekelompok grup terbang ke Yellowstone untuk mengambil peta Charlie. Mereka berhasil lolos ketika Kaldera Yellowstone meletus. Charlie, yang tinggal di belakang untuk melakukan siaran langsung dari letusan, tewas oleh ledakan tersebut. Mereka menyadari bahwa bahtera yang dicari berada di China, grup tersebut kembali ke Las Vegas, di mana mereka bertemu Yuri, Tamara, dan seorang pilot, Sasha. Mereka bergabung dengan grup itu dan menaiki  pesawat yang lebih besar, Antonov An-225, melintasi Pasifik. Sementara Presiden Wilson tetap di Washington DC untuk menangani bangsanya untuk terakhir kalinya. Namun ia tewas, bersama dengan wakil presiden dan salah seorang pejabat tinggi lainnya, oleh tsunami yang juga mengkandaskan USS John F. Kennedy, menabrak Gedung Putih, sehingga Anheuser mengangkat dirinya mengambil alih kepemimpinan.
Di udara, pesawat tidak memiliki cukup bahan bakar untuk sampai ke Cina, jadi mereka harus melakukan pendaratan di laut. Tapi mereka menemukan daratan yang mereka sadari bahwa mereka memang di Cina, disebabkan kerak bumi yang telah bergeser. Yuri, yang telah membeli tiket bahtera untuk dirinya sendiri dan anak-anaknya, meninggalkan keluarga Curtis, Gordon, dan Tamara setelah tiba di Cina. Namun, kelompok ditolong oleh Nima, seorang biksu Buddha. Bersama-sama, mereka mulai menyelinap ke bahtera melalui ruang hidrolika dengan bantuan saudara Nima, Tenzin, seorang tukang las untuk proyek bahtera. Dalam saat-saat terakhir, Satnam memanggil Adrian untuk memberitahukan bahwa tsunami yang melanda India sedang menuju ke arah mereka. Anheuser segera memerintahkan bahtera untuk ditutup sebelum proses evakuasi selesai, sementara ribuan orang masih berada di luar bahtera. Tetapi Adrian berhasil meyakinkan para pemimpin G8 lainnya untuk membiarkan orang-orang yang sebagian tersisa di luar masuk ke dalam bahtera. Ketika pintu hendak diturunkan, Gordon terbunuh karena ia terjatuh di antara roda gigi.
Sementara itu, Yuri mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan kedua putranya, tetapi malah berakibat  penutupan gerbang menjadi tersumbat, sehingga bahtera itu tidak dapat menyalakan mesinnya. Ketika tsunami datang dan mulai membanjiri ke dalam bahtera, menenggelamkan Tamara. Noah dan Jackson bekerja sama untuk menutup gerbang yang tersumbat tadi. Akhirnya gerbang berhasil ditutup dan bahtera berhasil dikendalikan, menghindari dari tabrakan dengan gunung Mount Everest.
Ketika air mulai surut, data satelit menunjukkan bahwa Afrika menjadi permukaan yang paling dangkal di atas laut. Ketika bahtera berlayar menuju Tanjung Harapan, Jackson reuni dengan keluarganya, dan Adrian mulai hubungan dengan Laura. Film ini berakhir dengan pemandangan Bumi dengan semua benuanya telah menyatu.


Ditulis Oleh : Sobat Movie | Hari: 04:04| Kategori:

6 komentar:

  1. gue dah nonton,and it's unbelieveble!!!!
    bagus! efek visualnya maksud gue,hehehe..

    ReplyDelete
  2. Haa, sebenarnya sih film ini agak2 mirip Deep Impact (hujan meteor aja tapi), tapi mungkin sih yang membuatnya heboh karena gosip ramalannya itu.

    ReplyDelete
  3. cooooollll.... sayang ane lom nonton...

    ReplyDelete
  4. Harus ditonton tuh mas bangkit.
    jadiin blog situ dofollow donk.
    hehe.

    ReplyDelete
  5. Wah jangan bosen bung Latif...kan mumpung nontonya free toh ditempat saya.

    ReplyDelete