VALKYRIE - many saw evil, they dared to stop it. (2008)

valkyrie-poster-2008
Director : Bryan Singer
Writer : Christopher McQuarrie & Nathan Alexander
Genre : Drama, History, Thriller, War
Award : 1 win & 8 nominations
Cast : Tom Cruise (Kolonel Stauffenberg)

Sebuah sejarah di Jerman pada perang dunia ke-2 yang difilmkan, film Valkyrie menceritakan tentang usaha pemberontakan dalam usaha membunuh Adolf Hitler, pemimpin bangsa Jerman pada masa itu. Usaha pemberontakan ini dipimpin oleh Kolonel Stauffenberg.
Seperti yang kita ketahui, bahwa bangsa Jerman dibawah pimpinan Hitler, mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi tetapi tidak seluruh rakyat Jerman demikian. Banyak rakyat, terutama kalangan pejabat negara itu sendiri banyak yang merasa keberatan dengan jiwa nasionalisme yang Hitler terapkan. Sudah banyak rencana yang diterapkan untuk membunuh Hitler dan selalu gagal. Kolonel Stauffenberg diajak bergabung dengan kelompok tersebut, dan berhasil menjadi perencana di kelompok tersebut. Rencana yang diterapkan olehnya adalah Operation Valkyrie, sebuah operasi cadangan yang sebelumnya sudah direncanakan oleh Hitler bila terjadi kekacauan di dalam negeri. Valkyrie sendiri mempunyai prajurit cadangan dalam jumlah besar yang berada di ibukota, Berlin. Stauffenberg berencana untuk menggunakan operasi ini sebagai serangan balik terhadap Hitler sendiri, dengan cara mengikuti rapat dengan Hitler dan mem-bom tempat rapat tersebut bersama jendral-jendral lainnya dan menuduh Himmler (orang kepercayaan Hitler) beserta SS Waffen (prajurit utama Jerman dipimpin oleh Himmler) melakukan kudeta terhadap Hitler.
Stauffenberg dan komplotan lainnya hampir berhasil menguasai seluruh Jerman dan jajahannya dengan mengumumkan berita kematian Hitler dan tuduhannya terhadap SS Waffen. Namun mereka gagal karena ternyata Hitler masih hidup selamat dari ledakan tersebut. Kegagalan ini disebabkan karena kurangnya daya ledakan dari bom tersebut yang awalnya rapat direncanakan di ruang bawah tanah Wolf’s Lair dan dipindahkan ke ruangan yang lebih terbuka. Gagal dengan usaha ini, berakibat dengan hukuman mati bagi Stauffenberg dan para komlotannya.

Pada masa kini, setelah Jerman terbebas dari pengaruh komunisme Hitler, rakyat Jerman mendirikan sebuah Tugu Peringatan Perlawanan Jerman untuk mengenang usaha dari Kolonel Stauffenberg dan komplotannya.




Ditulis Oleh : Sobat Movie | Hari: 16:38| Kategori:

0 komentar:

Post a Comment